2/24/2008

Pengalaman Hubungan Intim Pertama

Dokter, tolong banget saya dibantu ya dok, please...perlu dokter ketahui bahwa saya selama ini belum pernah melakukan hubungan seks sebelumnya. Saya punya pacar dan dia telah mengakui dirinya sudah pernah melakukan hubungan seks dengan pacar-pacarnya sebelum saya. Masalah muncul saat kami hendak melakukan ML berdua dan ini untuk pertama kalinya buat saya. Terbayang sebelumnya dari cerita teman-teman bahwa ML itu nikmat, ternyata sebaliknya buat saya. Rasa sangat sakit sekali yang saya dapatkan. Kami juga sudah mencoba dengan menggunakan cairan pelumas. Pacar saya juga sudah merangsang saya dengan menggunakan segenap tanganya dan menggerakkan maju mundur penisnya. Dan saya mencoba sebaik mungkin untuk tetap rileks tetapi tetap merasakan sakit. Kejadian ini membuat kami berdua depresi. Meskipun dia sudah mengendurkan sebagian otot-otot penisnya, tetapi rasa sakit tidak berkurang. Dia mengatakan saat dia melihat saya dalam kesakitan dia merasa sepertinya sedang memperkosa saya (dia telah berulang kali meminta maaf atas rasa sakit itu), dan kami juga telah membicarakan tentang hal ini, meskipun kami memiliki komunikasi yang baik. Apakah ada saran untuk rasa sakit tersebut yang lain dari pada apa yang sejauh ini telah kami coba? Tolong bantulah kami, saya betul-betul tidak mempunyai orang lain untuk berbicara.
Natalia ( Surabaya )

Jawaban

NO SEX UNTIL MARRIED...

Mbak Natalia di Surabaya, Anda tidak sendirian dalam hal ini. Kami juga menerima banyak sekali pertanyaan serupa dengan keluhan yang Anda rasakan. Untuk itu semoga jawaban ini bisa menjadi acuan bagi rekan-rekan yang lain dan masalahnya bisa teratasi dengan baik.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menghentikan usaha untuk melakukan hubungan intim. Usaha yang terus menerus yang menyebabkan rasa sakit hanya akan membuat segalanya lebih buruk, secara mental dan secara fisik. Jika anda tetap berusaha dan ternyata tidak berhasil, segalanya tidak akan menjadi lebih baik dan bisa memburuk.

Kemungkinan Anda memiliki masalah pada vulva vestibulitis atau vulvadynia. Ini adalah kondisi-kondisi medis yang melibatkan vulva dan jalan masuk ke vagina, daerah hymeneal (selaput dara). Ini biasanya ditandai dengan rasa sakit selama hubungan intim, atau saat mencoba berhubungan intim.

Dalam hal seks, jangan memaksa diri anda untuk melakukan hubungan intim. Banyak pasangan yang tidak atau tidak dapat melakukan hubungan intim. Ada lebih banyak cara lain untuk lebih menikmati seks daripada hubungan intim. Anda dan pasangan mungkin lebih bahagia mengetahui bahwa anda tidak mengharapkan atau menginginkan dia untuk melakukan hubungan intim dengan anda.

Dia mungkin menjadi lebih takut melakukan hubungan intim sama seperti yang anda rasakan. Dia mungkin lebih tertolong bila anda menyatakan anda benar-benar tidak bisa melakukan hubungan intim dan tidak akan berusaha melakukannya sampai anda menemukan penyebab rasa sakit anda tersebut, pemecahan masalahnya. Bila dia tetap menyebabkan anda merasa sakit, ini bisa berakibat negatif pada kesenangan seksualnya bahkan bila dia mencari pasangan yang berbeda.

Gunakanlah waktu untuk meneliti vulva dan vagina anda menggunakan jari-jari tangan anda dan sebuah cermin. Anda juga memerlukan air berpelumas dan sedikit cahaya tambahan. Duduklah dengan kedua kaki anda terbuka dan perhatikanlah dengan baik. Gunakanlah beberapa gambar bagian Anatomi dari website ini sebagai referensi, kenalilah seluruh bagian tubuh anda yang berbeda-beda.

Carilah tanda-tanda infeksi atau iritasi: daerah yang membengkak berwarna merah. Kadang-kadang daerah akan terlihat normal meskipun menyebabkan rasa sakit saat disentuh. Hal ini juga menandakan masalah medis.

Temukan selaput dara anda dan periksalah, seberapa besar pembukaannya? apakah ada luka yang terbuka atau robekan yang belum sembuh? Dengan sangat lembut tekanlah pada daerah disekitar lubang vagina anda dan periksalah tanda-tanda adanya pembengkakan dan kelenjar vestibule yang sensitif; kelenjar-kelenjar ini terletak di bawah kulit kosong melalui pembuluh-pembuluh yang berada di sekitar lubang-lubang vagina.

Bila tidak ada rasa sakit pada bagian luar tubuh anda, cobalah memasukkan ujung jari yang diberi cairan pelumas ke dalam vagina anda. Gunakan air liur bila anda tidak mempunyai air yang berpelumas. Bila anda memasukkan ujung jari anda, perikasalah lubang vagina anda untuk daerah yang sensitif. Bila anda bisa memasukkan seluruh jari anda, rasakanlah di sekitarnya dan telitilah vagina anda.

Lakukanlah perlahan–lahan, janganlah berusaha atau mengharapkan untuk dapat melakukan semuanya pada saat yang bersamaan. Anda perlu melakukan hal ini dalam beberapa hari untuk betul-betul mengetahui anatomi anda dan bagaimana rasanya.

Anda bisa melakukan hal ini dengan pasangan anda, tetapi bukan berarti atau seharusnya menjadi hal yang menyenangkan sebagai seks. Buatlah hal ini menjadi jelas sebelum anda memulainya. Dia bisa melihat anda, kemudian dia bisa memeriksa anda, secara bergantian. Perlihatkan dan katakan, tetapi bukan melakukan seks. Sekali anda telah memeriksa tubuh anda dan telah menemukan sumber rasa sakit tersebut, anda mungkin akan membutuhkan bantuan dokter untuk pengobatan.

Jangan biarkan para dokter mengacuhkan rasa sakit tersebut, mengatakan bahwa ini semua berada di kepala anda, atau akan hilang dengan sendirinya. Bila anda mendapat salah satu respon-respon ini dari seorang dokter, carilah dokter yang lain. Banyak dokter mempunyai sedikit atau tidak ada pengetahuan sama sekali tentang kondisi-kondisi yang saya sebutkan diatas. Semoga berhasil.

No comments: